Partai Demokrat.
Sumber :
  • Tim tvOne/Abdul Gani Siregar

Demokrat Jakarta Sambut Baik Putusan MK Soal Pemilu Proporsional Terbuka: Suara Rakyat Suara Tuhan

Kamis, 15 Juni 2023 - 16:55 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketua Demokrat Jakarta, Mujiyono menyambut baik keputusan Mahkamah Konstitusi yang memutuskan untuk menolak gugatan terkait sistem pemilu. Keputusan MK ini menjadi dasar penting agar penyelenggara Pemilu tetap menjalankan sistem proporsional terbuka pada Pemilu 2024 nanti. 

"Kami menyambut baik keputusan MK ini. Tentu, keputusan ini akan menaikkan kembali spirit bahwa suara rakyat suara Tuhan," ujar Mujiyono dalam keterangan tertulis, Kamis (15/6/2023). 

Mujiyono menilai sistem proporsional terbuka menggambarkan kemajuan demokrasi Indonesia. Karena, ucapnya, setiap partai politik menawarkan nama-nama kepada rakyat untuk memilih wakilnya. 

"Tentu, rakyat punya kesempatan untuk menentukan siapa orang yang menjadi pilihannya, yang menjadi kepercayaannya untuk mewakili," tegasnya. 

Dalam Pemilu 2024 nanti, Demokrat Jakarta menargetkan bisa meraih 21 kursi di DPRD DKI Jakarta. Mujiyono mengaku optimis, target itu akan tercapai mengingat sejumlah bakal calon legislatif (Bacaleg) Demokrat Jakarta terus bekerja untuk rakyat di tengah polemik sistem pemilu yang berperkara di MK. 

"Setelah adanya keputusan MK ini, semakin menguatkan kami untuk merebut kemenangan bersama, memenangkan hati, pikiran dan suara rakyat. Insya Allah, target 20 kursi DPRD DKI Jakarta tercapai," tegasnya. 

Dalam sidang putusan gugatan sistem pemilu, hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan sistem sistem pemilu yang diajukan para penggugat. Gugatan itu disampaikan enam pihak, yakni Demas Brian Wicaksono (pengurus PDIP Cabang Probolinggo), Yuwono Pintadi, Fahrurrozi (bacaleg 2024), Ibnu Rachman Jaya (warga Jagakarsa, Jaksel), Riyanto (warga Pekalongan), dan Nono Marijono (warga Depok).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:43
11:02
22:51
06:02
01:24
05:26
Viral