Pro Kontra Imbauan Pembatasan Toa Masjid Oleh Menag

Rabu, 13 Maret 2024 - 14:15 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Aturan penggunaan pengeras suara atau speaker di masjid atau musala selalu ramai diperbincangkan setiap memasuki Ramadan.

Tidak terkecuali pada tahun ini. Polemik aturan penggunaan pengeras suara kembali muncul.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menilai regulasi pengeras suara itu masih diperlukan. 

Menurut Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas, aturan pengeras suara itu sejatinya sudah lama ada. Yaitu, lewat instruksi Dirjen Bimas Islam Kemenag yang diterbitkan pada 1978. Aturan itu masih diterapkan hingga sekarang.

Dalam lampiran instruksi itu diatur penggunaan pengeras suara masjid atau musala untuk ibadah salat lima waktu. Juga untuk kegiatan selama Ramadan, Idul Fitri, dan Idul Adha. 

Pada Ramadan, tadarus atau membaca Alquran menggunakan pengeras suara ke dalam. Sementara itu, takbir Idul Fitri maupun Idul Adha menggunakan pengeras suara ke luar.

Namun peraturan ini memang menyesuaikan dengan lingkungan di mana musala atau masjid berada.

Masjid di lingkungan pesantren biasanya menggunakan pengeras suara ke luar dan ke dalam untuk tadarus. 

Sebaliknya, di lingkungan dengan masyarakat mayoritas non-Islam, memang sangat diperlukan kehati-hatian. Di lokasi seperti itu diperlukan aturan yang dibuat pemerintah.

Menurut Abbas penerapan kebijakan pengeras suara itu memang sangat beragam di masyarakat. Ada yang diterapkan dengan sangat longgar, tetapi ada juga yang diterapkan secara ketat. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral