Menteri BUMN Erick Thohir saat menyapa pelaku UMKM di Tennis Indoor Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (29/8/2022)..
Sumber :
  • Antara

Erick Thohir Berharap Terjadi Transaksi UMKM di Ajang G20

Senin, 29 Agustus 2022 - 17:21 WIB

Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir berharap terjadi transaksi UMKM dalam acara G20 tahun ini. “Kita pasti tidak hanya memperkenalkan tapi kita berharap terjadi transaksi. Bahkan kita mendorong untuk lebih besar lagi,” kata Erick dalam konferensi pers seusai bertemu UMKM di Tennis Indoor Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin, 29 Agustus 2022.

Erick lalu mencontohkan Sarinah yang kini menjadi tujuan wisata, tak hanya bagi masyarakat, namun juga turis asing. Setelah dibuka kembali usai renovasi, Sarinah telah dikunjungi enam juta orang. “Apa yang kita lakukan di Sarinah? Kita menjadikan Sarinah sebagai perkenalan etalase atau jendela, di mana produk dan merek kita tidak kalah bersaing,” ujarnya

Menurut Eric, Kementerian BUMN terus mendorong ekosistem UMKM agar tumbuh menjadi kenyataan. Hal yang sama juga berlaku bagi Rumah BUMN. Mereka tidak hanya didorong untuk go modern dan go digital, tapi juga yang terpenting adalah dalam hal go online dalam transaksinya.

Karena itu pula Kementerian BUMN mengajak pihak-pihak swasta yang ahli dalam sektor perdagangan daring seperti Tokopedia, dan Shopee. Tujuannya agar semua pihak bisa bergotong-royong untuk mendorong produk nasional lebih kompetitif.

Untuk produk makanan nasional, Indonesia dianggap sudah berhasil. Namun, produk Indonesia yang dibeli dan kompetitif di luar negeri belum maksimal. Itulah yang ingin didorong Kementerian BUMN. “Tidak hanya perkenalan, transaksi itu yang penting,” kata Erick. (HW)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral