Kurs Rupiah Terhadap Dolar AS Tembus 16.400-an, Ketua Badan Anggaran DPR RI Usulkan Langkah - Langkh Ini...
Sumber :
  • Antara Foto

Kurs Rupiah Terhadap Dolar AS Tembus 16.400-an, Ketua Badan Anggaran DPR RI Usulkan Langkah - Langkah Ini..

Selasa, 18 Juni 2024 - 15:54 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS mulai memicu kekhawatiran banyak pihak. Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah turut bersuara dan merekomendasikan tujuh langkah yang bisa dilakukan pemerintah dan otoritas keuangan. 

Said Abdullah menyebutkan, pelemahan rupiah saat ini masih berpotensi berlanjut dan harus diwaspadai. Sejak Jumat (14/6/2024) lalu, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS telah melemah dan menembus level 16.400-an, atau terendah dalam empat tahun terakhir. 

Dia menyebutkan, pelemahan rupiah yang terjadi belakangan ini merupakan dampak global dari ketidakpastian rencana penurunan suku bunga acuan oleh bank sentral Amerika Serikat, atau The Federal Reserve (The Fed). 

"Hampir dipastikan The Fed masih akan bertahan di suku bunga tinggi dan ketidakmenentuan geopolitik akan mendorong kebijakan restriktif masing-masing negara. Oleh sebab itu, segenap kekuatan bangsa harus bersama-sama mengikatkan tali gotong royong,” kata Said Abdullah di Jakarta, Selasa (18/6/2024).

Untuk menghadapi gejolak kurs rupiah dalam jangka pendek, Said Abdullah meminta agar pemerintah dan pemangku kepentingan terkait seperti Bank Indonesia, melakukan komunikasi publik yang lebih baik. 

Dia berharap pemerintah atau Bank Indonesia dapat menyampaikan kondisi nilai tukar seobjektif mungkin, agar masyarakat bisa melakukan antsipasi sejak dini. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral