Potret pekerja di sektor sigaret kretek tangan (SKT) yang umumnya merupakan perempuan..
Sumber :
  • Direktorat Jenderal Bea dan Cukai

Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Pemerintah Diminta Tak Terpengaruh dalam Mengambil Kebijakan: Industri Rokok Topang Ekonomi

Sabtu, 1 Juni 2024 - 09:42 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Mengingat sektor industri hasil tembakau (IHT) memiliki kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, Pemerintah diharapkan tak terpengaruh agenda dunia saat membuat regulasi soal industri tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Pakar Hukum Internasional Hikmahanto Juwana saat berbicara mengenai Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) yang diperingati setiap 31 Mei.

HTTS memang diperingati dengan dalih kesehatan, tetapi perlu dilihat juga sisi ekonomi apabila agenda tersebut ditujukan untuk menghentikan produksi tembakau.


"Pengambil kebijakan harus paham betul tujuan mulia dibalik HTTS bila akhirnya hanya mematikan industri tembakau di Indonesia," kata Hikmahanto Juwana dilansir dari Antara, Sabtu (1/6/2024).

"Jangan sampai pengambil kebijakan mematikan industri tembakau dalam negeri di tengah konsumsi rokok dari masyarakat Indonesia," imbuhnya.
 
Dirinya menjelaskan hasil tembakau di Indonesia tak hanya berjalan pada bidang kesehatan saja, tetapi juga sektor ekonomi, sosial, dan budaya.

Oleh karena itu, apabila hasil tembakau dimatikan, sangat dikhawatirkan Indonesia akan bergantung terhadap pada tembakau dari luar negeri, sedangkan Indonesia memiliki sumber daya tembakau melimpah dan perokok aktif yang banyak.
 
Lebih lanjut dirinya mengingatkan IHT di Indonesia sudah menjadi warisan turun-temurun.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral