Pisang plenet khas Semarang.
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Legitnya Pisang Plenet, Jajanan Nostalgia Khas Semarang

Selasa, 4 Januari 2022 - 19:23 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Jajanan nostalgia selalu menarik dan bikin penasaran untuk dicoba. Tak hanya bagi generasi tempo dulu yang ingin mengenang masa muda, tapi juga generasi milenial yang hasratnya untuk mencoba hal baru cukup tinggi.

Pisang plenet adalah salah satu contoh jajanan nostalgia itu. Di tengah gempuran beragam variasi makanan baru yang kadang ekstrem dan membingungkan, pisang plenet yang simpel sampai saat ini masih bisa bertahan.

Jajanan ini bisa dibilang khas Kota Semarang. Tidak setenar lunpia atau wingko memang. Tapi penggemarnya masih tetap ada, termasuk mereka yang ingin mencoba jajanan baru yang tidak mereka temui di tempat lain.

Pisang plenet mulai muncul di Kota Semarang sekitar tahun 1950an. Menurut salah satu penjualnya, Subandi (60), dari awal mula dulu lokasi jualan pisang plenet tetap di trotoar jalan Pemuda. Jajanan ini jadi kegemaran tamu yang menginap di sejumlah hotel di jalan tersebut.

Memang pernah ada yang coba buka di tempat lain. Namun karena orang tahunya di jalan Pemuda, maka yang masih bertahan yang di tempat ini.

"Gampangnya ini ya pisang panggang, tapi karena pisangnya kemudian diplenet atau ditekan dengan papan sampai pipih, maka kemudian orang pada ngasih nama pisang plenet," kata Subandi yang jualan pisang plenet sejak tahun 1980-an.

Ia bercerita, dulu jualannya ada yang dipikul keliling. Tapi ada juga yang menetap pakai meja kecil di tepi jalan. Lalu agar mudah bawa barang dari rumah ke lokasi trotoar jalan, kini penjual berganti pakai gerobak.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:00
03:06
01:31
03:53
02:26
06:36
Viral