Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, kanan, berbicara kepada tentara di lokasi pertempuran terberat dengan penjajah Rusia, di Bakhmut, Ukraina, Selasa (20/12/2022)..
Sumber :
  • APTN

Zelenskyy akan Bertemu Joe Biden dan Pidato di Kongres AS

Rabu, 21 Desember 2022 - 17:54 WIB

Washington, Amerika Serikat - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sedang dalam perjalanan ke Washington pada Rabu waktu setempat, untuk menghadiri pertemuan puncak dengan Presiden Joe Biden. Selain itu, Zelensky juga akan berpidato di Kongres AS. Ini merupakan perjalanan pertamanya ke luar negeri sejak invasi Rusia dimulai pada Februari.

Zelenskyy mengatakan di akun Twitternya bahwa kunjungan itu “untuk memperkuat ketahanan dan kemampuan pertahanan” Ukraina dan membahas kerja sama antara negaranya dan AS dengan Biden.

Dalam sebuah pernyataan Selasa malam, sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan Biden menantikan kunjungan tersebut dan bahwa pidato di Kongres akan menunjukkan "dukungan bipartisan yang kuat untuk Ukraina."

"Kunjungan itu akan menggarisbawahi komitmen teguh Amerika Serikat untuk mendukung Ukraina selama diperlukan, termasuk melalui penyediaan bantuan ekonomi, kemanusiaan, dan militer," katanya.

Zelenskyy dijadwalkan bertemu dengan Biden di Gedung Putih pada sore hari dan kemudian bergabung dengan Biden untuk konferensi pers di Ruang Timur. Dia diharapkan untuk berpidato di depan Kongres pada malam hari.

Ketua DPR Nancy Pelosi mengatakan “perjuangan untuk Ukraina adalah perjuangan untuk demokrasi itu sendiri” dan bahwa anggota parlemen “berharap untuk mendengar pesan Anda yang menginspirasi tentang persatuan, ketahanan, dan penentuan."

Pejabat AS dan Ukraina telah menjelaskan bahwa mereka tidak membayangkan resolusi perang yang akan segera terjadi dan bersiap untuk melanjutkan pertempuran untuk beberapa waktu. Biden telah mengulangi bahwa meskipun AS akan mempersenjatai dan melatih Ukraina, pasukan Amerika tidak akan terlibat langsung dalam konflik tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral