Heboh Banyak Jemaah Tertangkap Tanpa Visa Haji, PBNU Nilai Itu Cacat dan Berdosa Simak Penjelasannya.
Sumber :
  • dok.Kementerian Agama

Banyak Jemaah ke Tanah Suci Tanpa Visa Haji, PBNU Nilai Itu Cacat dan Berdosa Simak Penjelasannya

Jumat, 31 Mei 2024 - 13:22 WIB

Jakarta, tvOnenews.com-  Pengurus Besar Harian Syuriyah Nahdlatul Ulama (PBNU) telah memutuskan bagi jemaah ingin beribadah haji tanpa visa haji (visa non-haji) dinilai cacat dan berdosa.

Hal ini keputusan hasil musyawarah Pengurus Besar Harian Syuriyah NU yang digelar pada 28 Mei 2024 di Jakarta.

 

“Musyawarah Pengurus Besar Harian Syuriyah memutuskan bahwa haji dengan visa non haji (tidak prosedural) adalah sah akan tetapi cacat dan yang bersangkutan berdosa,” demikian dikutip dari Lampiran Keputusan Pengurus Besar Harian Syuriyah NU, dalam laman Kemenag, Jumat (31/5/2024)


Keputusan ini, diambil berdasarkan berbagai pertimbangan, antara lain:

1. Syarat utama, ibadah haji adalah istitha'ah (memiliki kemampuan) dalam berbagai aspeknya, mulai mampu secara materi untuk biaya haji dan biaya keluarga yang ditinggalkan, mampu fisik dengan kesehatan yang baik untuk mendukung pelaksanaan ibadah haji hingga mampu untuk menghadirkan rasa aman selama berada di Tanah Suci.


2. Berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, terdapat dua jenis visa haji indonesia yang legal, yaitu visa haji kuota Indonesia (kuota haji reguler dan haji khusus) dan visa haji mujamalah (undangan pemerintah Kerajaan Arab Saudi).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
13:58
04:50
00:51
13:49
02:14
Viral