Proyek Sosial oleh Peserta PK-199 LPDP.
Sumber :
  • Istimewa

Mengabdi Dari Pesisir, Penerima Beasiswa LPDP PK-199 Garda Asa Sukses Menyelenggarakan Proyek Sosial di Desa Lontar, Banten

Minggu, 19 Maret 2023 - 18:53 WIB

Banten, tvOnenews.com – Peserta Persiapan Keberangkatan ke 199 yang merupakan penerima Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (PK-199 LPDP) atau yang menamakan diri sebagai Garda Asa, mengadakan agenda proyek sosial bertajuk Jaga Asa Bumi Dengan Pesisir Pantai yang Lestari.

Agenda ini dilaksanakan di Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Banten, pada hari Minggu, 19 Maret 2023.

Kegiatan Proyek Sosial Jaga Asa Bumi Dengan Pesisir Pantai yang Lestari terdiri dari dua agenda yaitu acara donasi buku dan cerita profesi kepada anak-anak di Desa Lontar serta penanaman mangrove di sekitar Jembatan Pelangi, Desa Lontar.

Pemilihan tema tersebut didasari oleh fakta bahwa saat ini kerusakan hutan mangrove di Indonesia cukup mengkhawatirkan.

Data Direktorat Jenderal Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial menyatakan tingkat kerusakan hutan mangrove atau bakau saat ini mencapai 5,9 juta hektar atau sekitar 68,8 persen.

Kerusakan yang terjadi di kawasan hutan mencapai 1,7 juta hektar atau sekitar 44, 73 persen. Sementara itu, kerusakan yang terjadi di luar kawasan hutan mencapai 4,2 juta hektar atau 87,5 persen.

Padahal peran dan fungsi mangrove sangat strategis bagi bumi, di antaranya untuk mencegah erosi pantai, menjadi katalis tanah dari air laut, habitat perikanan, memberikan dampak ekonomi yang luas, sumber pakan ternak, mencegah pemanasan global, sumber pendapatan bagi nelayan pantai, menjaga kualitas air dan udara, serta pengembangan kawasan pariwisata.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral