Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Petrus Reinhard Golose.
Sumber :
  • tvOne - aris wiyanto

Narkoba Zombie Belum Terdeteksi, BNN RI: Ada 91 Jenis Narkotika Baru Masuk Indonesia

Minggu, 18 Juni 2023 - 08:46 WIB

Badung, tvOnenews.com - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Petrus Reinhard Golose mengatakan pihaknya belum menemukan adanya peredaran narkoba 'zombie'  yang banyak dikonsumsi di Philadelphia, Amerika Serikat, beredar di Indonesia.

Narkoba 'zombie' di Philadelphia, merupakan jenis narkoba baru yang berasal dari obat bius kuda dan penyalahgunaannya diduga memiliki efek yang lebih kuat dibanding obat lainnya dan membuat penggunanya seperti zombie.

Petrus mengatakan, bahwa memang banyak saat ini narkoba jenis baru atau disebut new psychoactive substances (NPS) dan dibelahan dunia terdapat 1.150 jenis NPS beredar di beberapa negara. Adapun sebanyak 91 jenis diantaranya teridentifikasi dan tersebar di Indonesia.

"Saya katakan itu adalah new psychoactive substances, kita mendeteksi di Indonesia. Dari 1.150 yang beredar di dunia, di Indonesia masuknya 91 (jenis narkoba baru)," kata Petrus usai membuka kejuaraan tenis meja Internasional, Smash On Drugs (SOD) 2023, di Auditorium Widya Sabha, Universitas Udayana, di Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (17/6).

Ia menyebutkan, bahwa dengan beredarnya narkotika jenis baru BNN RI tetap melakukan pengawasan atau pemantauan narkotika jenis baru tersebut. Namun, untuk di Indonesia yang banyak beredar adalah narkotika jenis sintetis cannabis atau tembakau gorila.

"Yang banyak beredar sekarang yang masuk ke kalangan bawah adalah sintetis cannabis jadi dicampur-campur segala macam kemudian itu yang disebut dengan tembakau gorila," ungkapnya.

Ia juga menyebutkan, bahwa untuk narkoba 'zombie' di Philadelphia, Amerika Serikat secara umum belum terdeteksi di wilayah Indonesia tapi kemungkinan ada pada pelaku yang mencari narkotika tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral