Wakil Ketua Komisi II DPR, Yanuar Prihatin.
Sumber :
  • dpr.go.id

Saat Tito Karnavian Kena Senggol Komisi II Pas Rapat Bahas Desa dan IKN, Yanuar Prihatin: Tolong Jangan Urus Teknis Saja!

Kamis, 22 September 2022 - 18:34 WIB

Jakarta - Peningkatan kapasitas perangkat desa lebih penting daripada pembangunan infrastruktur. Ini dikarenakan adanya dana desa berlimpah tapi minim inovasi terhadap mutu kesejahteraan masyarakat desa.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Yanuar Prihatin saat melakukan rapat kerja bersama Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa di Ruang Komisi II, Rabu (21/09/2022).

"Kita lupa akan pembangunan kapasitas aparatur desa, dari dulu Kita terlalu aspek teknilkal seperti bimbingan teknis, membuat laporan, membuat administrasi. kita harus naik satu tingkat lagi yaitu pembangunan watak dan karakter," ujarnya.

Politisi PKB ini menegaskan dengan adanya tiap tahun dana desa mengalir tapi tidak dibarengi dengan peningkatan kualitas pengembangan perangkat desa dapat menjadi masalah.

Dirinya menceritakan bagaiamana keluhan klasik dari lapangan menanti anggaran kabupaten hingga pusat. Akan tetapi, mereka minim menceritakan invovasi desa.

"Dana desa bisa digelontorkan tiap tahun tapi kapasitas aparaturnya tidak kompatibel itu akan jadi masalah," tegasnya.

Anggota Dapil Jawa Barat X ini mencontohkan disatu desa misalnya dikembangkan khas desa tersebut maka bisa menghasilkan. Hal ini dikarenakan aparatur desa tidak memiliki minat kearah pembangunan desa.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral