Megawati Ajak Rusia Teliti Gunung Berapi Bawah Laut Indonesia, Begini Tanggapan Kropachev.
Sumber :
  • istimewa

Megawati Ajak Rusia Teliti Gunung Berapi Bawah Laut Indonesia, Begini Tanggapan Kropachev

Selasa, 17 September 2024 - 05:01 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri, mengajak para ilmuwan Rusia dari St. Petersburg State University untuk bergabung dalam penelitian mendalam terkait gunung berapi bawah laut di Indonesia.

Sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Megawati juga mengungkapkan bahwa Indonesia telah menemukan lima gunung berapi aktif di bawah laut yang membutuhkan penelitian lebih lanjut. 

Hal ini ia sampaikan saat bertemu dengan Rektor St. Petersburg State University, Nikolay Kropachev, pada Senin (16/9) di St. Petersburg, Rusia.

Megawati bertanya apakah Rusia dapat memberikan dukungan riset guna memprediksi potensi letusan gunung berapi bawah laut tersebut, yang sangat penting untuk mitigasi bencana. 

"Kami sudah menemukan lima gunung berapi bawah laut yang masih aktif. Apakah ilmuwan dari Rusia, melalui universitas ini, dapat membantu menghitung kapan gunung-gunung ini mungkin akan meletus? Kami memerlukan keahlian di bidang ini," ucap Megawati.

Menanggapi hal ini, Kropachev langsung menginstruksikan timnya untuk menghubungi para ilmuwan terkait. 

Ia menyatakan bahwa Rusia juga memiliki gunung berapi bawah laut di perbatasan Laut Jepang, dan pihaknya siap bekerja sama dengan Indonesia.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral