Konferensi pers Presedium Konsolidasi Nasional Presidium MLB NU” yang digelar di Kabupaten Cirebon, Minggu-Senin (8-9/9/2024)..
Sumber :
  • Azizi Erfan/tvOne

Makin Memanas, Kiai dan Ulama Siap Gelar Muktamar Luar Biasa NU, Demi Selamatkan PBNU yang sudah Melenceng

Senin, 9 September 2024 - 19:30 WIB

Cirebon, tvOnenews.com - Konflik internal di tubuh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kian tak terbendung. 

Para kiai dan ulama Nahdlatul Ulama (NU) dari berbagai penjuru Indonesia berkumpul dalam “Konsolidasi Nasional Presidium MLB NU” yang digelar di Kabupaten Cirebon, Minggu-Senin (8-9/9/2024). 

Pertemuan yang berlangsung selama dua hari ini menjadi momentum bagi para ulama untuk mengkritik keras kepemimpinan KH Yahya Cholil Staquf yang dianggap menyimpang dari khittah (garis dasar) NU.

Para kiai, yang sebagian besar adalah keturunan pendiri NU, menilai PBNU di bawah Yahya Cholil Staquf telah meninggalkan nilai-nilai perjuangan Jam’iyah NU. 

Ketidakpuasan ini semakin mencuat setelah beragam keputusan strategis PBNU dianggap lebih condong pada kepentingan politik dan ekonomi, jauh dari tujuan awal berdirinya organisasi.

Ketua OC Presidium Muktamar Luar Biasa (MLB) NU, KH Imam Baihaqi, dalam konferensi persnya menegaskan bahwa pertemuan ini merupakan langkah awal menyelamatkan organisasi NU. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral