Buya Yahya jelaskan hukum wudhu tidak mengenakan baju atau pakaian setelah mandi.
Sumber :
  • Kolase tangkapan layar YouTube Al-Bahjah TV & Tim tvOnenews

Setelah Mandi Langsung Wudhu Tidak Mengenakan Baju, Sah atau Tidak? Buya Yahya Tegaskan kalau itu Hukumnya...

Selasa, 16 Juli 2024 - 14:24 WIB

tvOnenews.com - Wudhu menjadi salah satu amalan dan ibadah memiliki fadhilah dimana seseorang sedang mensucikan dirinya.

Wudhu memiliki bentuk sebagai cerminan seorang Muslim bersuci membuang berbagai kotoran menempel di tubuh dan membersihkan kesalahan dari dosa.

Hal ini berdasarkan dalil Al-Quran dari Surah Al-Ma'idah ayat 6 terkait anjuran wudhu bentuk membersihkan diri sebelum shalat, Allah SWT berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِۗ وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْاۗ وَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ مِّنْهُ ۗمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْ حَرَجٍ وَّلٰكِنْ يُّرِيْدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهٗ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu berdiri hendak melaksanakan shalat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku serta usaplah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai kedua mata kaki. Jika kamu dalam keadaan junub, mandilah. Jika kamu sakit dalam perjalanan, kembali dari tempat buang air (kakus), atau menyentuh perempuan, lalu tidak memperoleh air, bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menjadikan bagimu sedikit pun kesulitan, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu agar kamu bersyukur." (QS. Al-Ma'idah, 5:6)

Biasanya seseorang setelah mandi melakukan kebiasaan mengambil air wudhu dalam kondisi tidak menggunakan baju hanya handuk dipakai di tubuhnya.


Ilustrasi wudhu setelah mandi tanpa menggunakan baju atau pakaian. (Freepik)

Bagaimana hukum orang tidak mengenakan baju saat wudhu untuk shalat? Buya Yahya menjawab kasus ini sebagai berikut.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:41
01:11
14:44
02:37
00:48
01:45
Viral