Petugas ingin menyembelih hewan kurban sapi.
Sumber :
  • Sudin Kominfotik Jakarta Timur/am

Jangan Asal Menyembelih Hewan Kurban, Muhammadiyah Bilang Berpotensi Stres dan Kesakitan, Islam Ajarkan Perilaku...

Sabtu, 15 Juni 2024 - 16:47 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menekankan pemotongan hewan kurban jangan dilakukan secara sembarangan.

Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengatakan bahwa, hewan kurban yang dipotong secara asal akan menyebabkan stres dan kesakitan.

"Banyak pemotongan di tempat ibadah, sekolah, atau rumah kurang memperhatikan kebersihan. Penyembelihan juga kadang tidak sesuai syariat, hewan kurban seperti stres dan kesakitan," ujar Abdul diterima di Jakarta dikutip tvOnenews.com, Sabtu (15/6/2024).

Agama Islam telah mengajarkan bahwa umatnya senantiasa mengamalkan perilaku yang baik terhadap semua makhluk hidup. Termasuk tata caranya saat memotong hewan kurban harus dilakukan secara ihsan.

Namun, masih banyak yang memaksa hingga keluar dari syariat saat memotong dan menyebabkan hewan kurban ketakutan dan memberontak.


Ilustrasi ekspresi hewan kurban kambing pasrah sebelum disembelih petugas. (Freepik)

Bahwasanya perbuatan ihsan kepada hewan kurban tidak hanya saat proses menyembelihnya saja tetapi juga diliat dari dalam kandang hingga terpotong dengan baik dan sempurna.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
00:55
02:20
08:04
01:27
01:32
Viral