Hadits tentang Kewajiban Berlaku Ihsan pada Segala Sesuatu; Hadits Arbain ke-17.
Sumber :
  • Freepik

Hadits tentang Kewajiban Berlaku Ihsan pada Segala Sesuatu; Hadits Arbain ke-17

Jumat, 23 Juni 2023 - 20:58 WIB

tvOnenews.com - Imam Nawawi dalam kitabnya Hadits Arbain mencantumkan hadits tentang kewajiban berlaku ihsan pada segala sesuatu, dalam hadits ke-17.

Berikut tulisan lengkap hadits ke-17 dalam kitab Hadits Arbain Nawawi tentang kewajiban berlaku ihsan pada segala sesuatu, lengkap dengan arti dan riwayatnya:

عَنْ أَبِي يَعْلَى شَدَّادِ بنِ أَوْسٍ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ عَنْ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلّم قَالَ: (إِنَّ اللهَ كَتَبَ الإِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ. فَإِذَا قَتَلْتُمْ فَأَحْسِنُوْا اْلقِتْلَةَ، وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوْا الذِّبْحَةَ، وَلْيُحِدَّ أَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ، وَلْيُرِحْ ذَبِيْحَتَهُ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Artinya: “Dari Abu Ya’la Syaddad bin Aus radhiyallahu ‘anhu dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:”Sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’ala telah menetapkan perbuatan ihsan (baik) pada tiap-tiap sesuatu. Jika kalian membunuh, maka bunuhlah dengan cara yang baik, jika kalian menyembelih, maka sembelihlah dengan cara yang baik, hendaklah salah seorang di antara kalian menajamkan pisaunya dan menenangkan sembelihannya.” Hadits riwayat Muslim.

Dapatkan informasi Islami bermanfaat lainnya dengan mengikuti tvOnenews.com di Google News.

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral