Para Ilmuwan Kedokteran Islam.
Sumber :
  • Wikipedia

Empat Ilmuwan Islam Ini adalah Peletak Dasar Ilmu Kedokteran Dunia, Siapa Saja Mereka?

Kamis, 9 Maret 2023 - 12:02 WIB

"Tak ada penyakit yang tak bisa disembuhkan kecuali kemalasan. Tak ada obat yang tak berguna selain kurangnya pengetahuan" (Ibnu Sina-Ilmuwan Islam)

tvOnenews.com - Dalam sejarah peradaban manusia, Islam dan peradabannya telah melahirkan banyak ilmuwan terkemuka diberbagai bidang yang memberikan banyak sumbangsih bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan peradaban manusia. 

Sejak ratusan tahun silam para ilmuwan Islam telah meletakkan dasar-dasar ilmu pengetahuan dalam berbagai bidang, seperti kedokteran, farmasi, kimia, fisika, aljabar hingga astronomi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Sayangnya banyak diantara mereka yang tidak begitu dikenal oleh generasi penerus Islam saat ini, tenggelam dalam arus dominan wacana ilmu pengetahuan yang dihegemoni oleh dunia barat.

Berikut ini profil 4 ilmuwan Islam terkemuka dan karyanya di bidang kedokteran, dilansir dari buku Muhammad Gharib Gaudah, tentang 147 Ilmuwan Islam Terkemuka dalam Sejarah Islam, diterjemahkan oleh H. Muhyiddin Mas Rida, terbitan Pustaka Alkautsar.

1.Ar-Razi

Nama lengkapnya Abu Bakar Muhammad bin Zakariya Ar-Razi. Dalam bahasa Latin, nama panggilan Ar-Razi telah dirubah menjadi Rhazes. 

Ar-Razi dilahirkan di Provinsi Rayy, Iran pada tahun 240 Hijriah atau 854 Masehi. Ia belajar dasar-dasar filsafat dan ilmu-ilmu kedokteran dan memiliki penemuan ilmiah besar dalam bidang kedokteran dan kimia. 

Abu Bakar Muhammad bin Zakariya Ar-Razi (Wikipedia)

"Dia menulis sebanyak kurang lebih 200 buku. Bahkan, sebagian ada yang memastikan bahwa buku yang dikarangnya berjumlah sebanyak 224 buku." tulis Muhammad Gharib Gaudah dalam bukunya.

Ar-Razi sangat berpengalaman dalam bidang kimia sehingga dia memiliki kemampuan khusus dalam bidang kedokteran yang tidak dimiliki oleh para ilmuwan lainnya. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral