Ruben Onsu..
Sumber :
  • Instagram/@rubenonsu

Mengenal Empty Sella Syndrome Penyakit yang Diderita Ruben Onsu

Minggu, 24 Juli 2022 - 14:19 WIB

Jakarta – Sebagaimana diketahui penyakit Empty Sella Syndrome merupakan penyakit yang diderita Ruben Onsu hingga membuat presenter terkenal di Indonesia itu menjalani perawatan di rumah sakit.

Penyakit langka yang dideritanya itu sering membuat Ruben Onsu terlihat lemas dan pucat, bahkan harus dirawat di ICU secara mendadak. Lantas, apa sebenarnya penyebab Empty Sella Syndrome?

Ruben Onsu didiagnosa menderita penyakit Empty Sella Syndrome yang memaksanya harus melakukan pengecekan rutin di rumah sakit.

Penyakit Empty Sella ini adalah kelainan langka yang ditandai dengan pembesaran atau malformasi struktur di tengkorak yang dikenal sebagai sella tursika.

Dikutip dari laman John Hopskin, kebanyakan individu dengan sindrom ini tidak memiliki gejala terkait, tetapi temuan tersebut menimbulkan kekhawatiran tentang kekurangan hormon.

Sindrom sella empty ini dapat terjadi sebagai kelainan primer, yang penyebabnya tidak diketahui (idiopatik), atau sebagai kelainan sekunder, yang terjadi karena kondisi atau kelainan yang mendasarinya.

Adapun kelianan tersebut seperti tumor hipofisis yang diobati, trauma kepala, atau suatu kondisi, dikenal sebagai hipertensi intrakranial idiopatik (juga disebut pseudotumor serebri) di mana peningkatan tekanan intrakranial menyebabkan sindrom sella empty.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral