Penjual kurma di alun-alun antara Masjid Kauman dan Pasar Johar Semarang, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Mau Berburu Kurma di Kota Semarang? Kampung Kauman Tempatnya

Jumat, 8 April 2022 - 16:39 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Bulan Ramadhan menjadi momen umat muslim untuk mengkonsumsi kurma. Kandungan nutrisi pada buah asal Timur Tengah tersebut cepat memulihkan energi setelah sehari penuh berpuasa.

Makanya, setiap memasuki bulan Ramadhan buah kurma tersedia melimpah, termasuk di Indonesia. Lalu dimana tempat paling gampang membeli kurma di Kota Semarang?

Kalau lagi di Semarang nih, nyari kurma ya di Kampung Kauman. Lokasinya dekat dengan Masjid Agung Semarang dan Pasar Johar yang menjadi pusat perdagangan di Semarang.

Kurma dijajakan pedagang di lapak-lapak yang berjajar di tepi jalan antara Masjid Kauman dengan Pasar Johar. Ada juga yang ada di sisi selatan alun-alun. 

Berbagai jenis kurma ada di sini. Ada yang dari Yaman, Arab, maupun negara lain di Timur Tengah. Harganya bervariasi sesuai dengan asal dan kualitasnya.

Mulyani, salah satu penjual kurma mengatakan, memang sejak dulu, setiap bulan Ramadhan area Kauman dan Johar menjadi pusatnya penjualan kurma. Apalagi di sekitar sini banyak pemukiman warga keturunan Arab dan Gujarat. Selain banyak pondok pesantren juga.

"Banyak mas. Di depan Pasar Johar itu ada sepuluhan pedagang. Lalu di Jalan Kauman itu selatan masjid tu juga ada. Kalau saya dulu menempati depan masjid, tapi kan sekarang sudah dipindah ke alun-alun baru yang sudah jadi. Ada beberapa pedagang yang berjualan kurma yang jualan di sini," kata Mulyani.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral