Goa Kreo Kota Semarang, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Wisata ke Goa Kreo Semarang, Melihat Petilasan Sunan Kalijaga

Senin, 14 Maret 2022 - 16:50 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Goa Kreo berada di Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Dari pusat kota bisa ditempuh selama setengah jam perjalanan berkendara ke arah selatan. Rutenya melewati Klenteng Sampookong, kemudian ke selatan menuju arah Gunungpati. Nanti ada penunjuk arah menuju Goa Kreo.

Goa Kreo dipercaya sebagai tempat bertapa salah satu anggota Wali Songo, yaitu Sunan Kalijaga. Menurut cerita warga desa setempat, saat Sunan Kalijaga mencari kayu jati untuk membangun Masjid Demak, beliau dibantu oleh kawanan kera.

Hingga kini, kera-kera yang sekarang berada di kawasan hutan Goa Kreo ini adalah keturunan-keturunan kera yang dulu membantu Sunan Kalijaga.

"Jadi ceritanya kan dulu Kanjeng Sunan Kalijaga mencari kayu jati untuk bahan membuat Masjid Demak. Nah di sini menurut cerita tersebut, Sunan Kalijaga istirahat dan tafakur di lubang goa yang sekarang disebut Goa Kreo," jelas Kasno, petugas wisata Goa Kreo

" Ada cerita lainnya, ada kawanan kera yang membantu membawa kayu jati. Sunan Kalijaga dengan daya linuwihnya kemudian meminta kera untuk tinggal di hutan ini," lanjut Kasno.

Kawanan kera ini sudah sangat terbiasa dengan kehadiran wisatawan. Namun, ada baiknya pengunjung yang datang tidak mengenakan aksesoris yang bisa menarik perhatian kera, seperti kaca mata, topi, dan yang lainnya. Diharap juga wisatawan yang datang tidak membawa makanan berlebih atau minuman yang bisa direbut para penunggu gua ini.

Tiket masuk ke kawasan Goa Kreo cukup murah, yaitu sepuluh ribu rupiah saat hari Sabtu-Minggu dan hari libur. Lokasi parkir ada di bagian atas. Sedangkan Goa Kreo berada di bawah sehingga wisata mesti jalan kaki melewati jalur trap dan jembatan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral