Salah seorang pengunjung sedang berinteraksi langsung dengan salah satu burung di tempat wisata ini..
Sumber :
  • tim tvone - Sonik Jatmiko

Asyiknya Bercengkerama bersama Keluarga sambil Melihat Aneka Burung di Istana Burung Purbalingga

Minggu, 6 Februari 2022 - 09:26 WIB

Purbalingga, Jawa Tengah - Momen berkumpul bersama kerabat saat akhir pekan bisa diisi dengan liburan edukatif. Anda yang berada di Jawa Tengah, bisa berkunjung ke Istana Burung. Selain memanjakan mata dengan keindahan beraneka burung yang ada, Anda juga bisa mengenalkan dunia satwa kepada anak-anak.

Istana Burung berada di kompleks wisata Purbasari Pancuran Mas, di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga. Di sana, ada sekitar 200 jenis koleksi burung yang dimiliki. Selain burung peliharaan dan endemik, ada juga burung yang dilindungi dengan status titipan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

"Bangau tongtong misalnya, satwa dengan habitat di daerah pesisir sudah jarang dijumpai," ujar Junjung, pemilik Purbasari Pancuran Mas. 

Di sini, pengunjung bisa mengamati tingkah laku beraneka ragam burung yang tak hanya sekadar menghibur, namun juga menambah wawasan. Antara lain, pengunjung bisa melihat bagaimana burung predator elang laut memangsa makananya yang berupa ikan dan daging.

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat aneka burung kicau dengan bulu berwarna-warni yang menawan hati.

"Kita asyik di sini berlama-lama melihat tingkah lucunya. Padahal mungkin gerakan mereka, gerakan biasa ya, haha..," ujar Mala, seorang pengunjung. 

Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan sejumlah burung yang jinak. Salah satunya adalah burung kakaktua jambul putih bernama Jacob. Pengunjung diizinkan untuk menyentuhnya secara langsung.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
13:58
04:50
00:51
13:49
02:14
Viral