Pindang Tempoyak Gulai Jeruk khas Muba.
Sumber :
  • Puja

Pindang Tempoyak Khas Muba, Kuliner Tradisional Lezat yang Wajib Anda Coba

Minggu, 13 Agustus 2023 - 11:15 WIB

Musi Banyuasin, tvOnenews.com - Pindang Tempoyak, atau yang disebut warga Musi Banyuasin gulai jeruk, merupakan olahan kuliner ikan sungai yang mempunyai cita rasa lezat berbahan dasar ikan dan tempoyak, atau daging buah durian.

Gulai jeruk atau pindang tempoyak ini, sangat terkenal bagi masyarakat Sumatera Selatan khususnya warga Musi Banyuasin. Bahkan ini merupakan menu yang sangat spesial untuk hidangan keluarga, resepsi besar serta penyambutan tamu kehormatan.

Cara membuatnya sedikit agak unik,namun sangat mudah. Siapkan ikan sungai segar seperti ikan baung, atau ikan toman, boleh juga ikan patin. Cuci hingga bersih, kemudian dipotong-potong dengan ukuran sedang. Siapkan juga daging durian murni, atau tempoyak daging buah durian segar.

Racik bumbunya seperti cabe rawit, serai, lengkuas, kunyit, serta bawang merah dan bawang putih, kemudian serai. Tambahkan garam serta gula putih, lalu tambahkan juga bumbu penyedap.

Haluskan bumbu kemudian masukan ke dalam kuali, lalu oseng dan masukan ikan segar serta tempoyak. Beri air secukupnya, lalu taburi daun kemangi. Setelah matang, pindang tempoyak, atau gulai jeruk khas Musi Banyuasin siap disajikan untuk makan bersama keluarga.

“Ini baru masakan yang sangat spesial, gulai jeruk atau pindang tempoyak rasanya gak bisa tidur. Masakan ini sangat lezat dan bikin makan nambah terus, kami selalu menyediakan pindang tempoyak untuk hidangan makan kami bersama keluarga,” ungkap Destiana warga Sekayu.

Bagi pecinta buah durian kuliner ini mungkin bisa menjadi pilihan. Jika Anda datang ke Kota Sekayu, Musi Banyuasin, Anda juga bisa mampir di berbagai rumah makan khusus pindang untuk mencobanya. (pka/nof)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
13:58
04:50
00:51
13:49
02:14
Viral