Perajin batok sedang memproses salah satu alat dapur..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Kerajinan Batok Purbalingga Tegar Dihantam Pandemi, Pesanan Tetap Mengalir

Senin, 28 Maret 2022 - 12:55 WIB

Purbalingga, Jawa Tengah - Pelaku bisnis, terutama UMKM banyak bertumbangan karena pandemi Covid-19. Tetapi tidak bagi perajin batok di Purbalingga. Mereka tetap eksis karena pesanan tetap stabil.

Ketua paguyuban perajin batok Kelurahan Purbalingga Wetan, Kecamatan Purbalingga, Sutrisno menyebut awal-awal pandemi sempat ada pengaruh. Tetapi tak lama stabil lagi.

"Permintaan sejak dulu dari Jakarta, Surabaya. Lintas pulau ke Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera. Sekarang stabil normal seperti sebelum pandemi," ujar Sutrisno. 

Kelurahan yang dijuluki kampung batok itu memang sejak dahulu menjadi sentra aneka alat rumah tangga, terutama alat dapur dari batok kelapa. Irus atau sendok sayur aneka ukuran menjadi produk unggulan. 

Selain itu, centong nasi, spatula juga dibuat dari batang pohon kelapa sisa industri. Sekarang, beberapa perajin juga membuat aneka hiasan dan ornamen ruangan.

Di bengkel kerja miliknya, Sutrisno mempekerjakan enam orang. Ada bagian pemotongan hingga finsiging produk. Dia sendiri membuat pola produk yang akan dibuat.

"Dulu masih manual, sehingga pekerjanya lebih banyak. Sekarang banyak mesin, sehingga lebih cepat dan produk lebih standar," ujarnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:05
02:00
02:12
02:33
04:34
06:55
Viral