Heboh Aplikasi TEMU Jadi Ancaman UMKM Mau Masuk Indonesia, Ini Respons Pemerintah.
Sumber :
  • istimewa

Heboh Aplikasi TEMU Jadi Ancaman UMKM Mau Masuk Indonesia, Ini Respons Pemerintah

Rabu, 2 Oktober 2024 - 18:25 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Eksistensi aplikasi TEMU kembali menjadi perbincangan di media sosial X setelah sebuah cuitan membahas presentasi salah satu narasumber pada acara E-Commerce Expo tentang bahaya aplikasi TEMU.

Aplikasi TEMU memiliki konsep menjual barang langsung dari pabrik ke konsumen tanpa adanya seller, reseller, dropshipper maupun afiliator sehingga tidak ada komisi berjenjang. 

Hal tersebut ditambah dengan adanya subsidi yang diberikan platform membuat produk di aplikasi dihargai dengan sangat murah.

Menanggapi hal tersebut, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) memastikan aplikasi TEMU tidak akan masuk ke Indonesia. 

Hal ini dilakukan karena aplikasi TEMU disebut dapat menjadi ancaman yang membahayakan bagi UMKM dalam negeri.

“Jika TEMU sampai masuk ke Indonesia, ini akan sangat membahayakan UMKM dalam negeri. Apalagi platform digital dari Cina ini bisa memfasilitasi transaksi secara langsung antara pabrik di Cina dengan konsumen di negara tujuan ini akan mematikan UMKM,” ujar Staf Khusus Menteri Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) Fiki Satari, Rabu (2/10/2024).

Fiki Smenegaskan bahwa pemerintah saat ini terus berkomitmen untuk mengawal dan memastikan agar aplikasi TEMU tidak masuk ke Indonesia.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:59
05:24
02:29
01:42
01:43
08:03
Viral