Direktur Utama PT PNM Arief Mulyadi dan Staf Khusus (Stafsus) Presiden Bidang Ekonomi RI Arif Budimanta saat monitoring program Mekaar di Banyuwangi, Jawa Timur, (27/9/2024)..
Sumber :
  • tvOnenews.com/Rilo Pambudi

Optimisme PNM dan Pemerintah Hapus Kemiskinan Ekstrem 2024: Mekaar Jadi Kuncinya

Jumat, 27 September 2024 - 23:52 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dan Pemerintah telah melakukan berbagai upaya serius dalam pengentasan kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Salah satunya melalui program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar), di mana PNM berhasil membantu 1,7 juta orang keluar dari jerat kemiskinan ekstrem sejak diluncurkan pada tahun 2016.

Program ini secara khusus menyasar perempuan dari keluarga prasejahtera, memberikan akses pinjaman modal sekaligus pelatihan.

Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi, mengungkapkan bahwa sejak dimulai, Mekaar telah membantu lebih dari 20,6 juta ibu-ibu di seluruh Indonesia. 

"Delapan tahun ini ada 1,7 juta yang naik kelas, sebagian ada yang naik kelas ke lembaga keuangan formal," ujar Arief saat meninjau kelompok Mekaar di Desa Telemung, Banyuwangi, pada Jumat (27/9/2024).

Arief menjelaskan bahwa mereka yang berhasil naik kelas kini memiliki akses ke akun perbankan formal. Mekaar menawarkan pinjaman modal mulai dari Rp2 juta dengan sistem tanggung renteng, di mana setiap kelompok minimal terdiri dari 10 orang.

Tak hanya memberikan pinjaman, PNM juga melibatkan para peserta dalam pelatihan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola usaha. Sistem kelompok ini, menurut Arief, adalah wujud nyata dari semangat gotong royong yang menjadi budaya Indonesia.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:28
01:43
03:04
02:10
03:23
06:38
Viral