Penutupan Bandara Halim Perdanakusuma, AP II Jalankan Sejumlah Skenario.
Sumber :
  • tim tvOne - Rusdy Muslim

Penutupan Bandara Halim Perdanakusuma, Angkasa Pura II Jalankan Sejumlah Skenario

Senin, 24 Januari 2022 - 10:22 WIB

Tangerang, Banten - PT Angkasa Pura II mulai menjalankan sejumlah skenario kaitan dengan ditutupnya Bandara Halim Perdanakusuma per 26 Januari 2022. Dimana, penutupan yang dilakukan sementara waktu ini, dalam rangka revitalisasi sesuai Perpres Nomor 9 Tahun 2022.

Pada skenario itu, pihak AP II melakukan perpindahan operasional penerbangan ke 5 bandara penerima (recipient), yakni Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Husein Sastranegara (Bandung), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Pondok Cabe (Jakarta) dan Bandara Budiarto (Tangerang). 

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, skenario perpindahan operasional penerbangan dirumuskan oleh tim Operation Readiness and Airport Transfer (ORAT) yang dibentuk AP II.

"Tim ORAT bersama stakeholder antara lain Kementerian Perhubungan, Kantor Otoritas Bandara Wilayah I, AirNav Indonesia, maskapai dan ground handling telah menyusun skenario perpindahan sejak sekitar dua bulan lalu. Pada hari ini juga telah dilakukan rapat koordinasi bersama seluruh stakeholder guna memuluskan skenario perpindahan operasional yang sudah disetujui seluruh pihak," katanya, Senin (24/1/2022).

Total terdapat 21 operator penerbangan, terdiri dari 2 maskapai niaga berjadwal, 17 maskapai niaga tidak berjadwal dan 2 maskapai kargo, dengan total  jumlah armada 67 unit pesawat, ditambah juga 12 unit pesawat militer yang akan berpindah operasional dari Bandara Halim Perdanakusuma ke bandara penerima.

Sementara itu, Direktur Operasi dan Servis PT Angkasa Pura II, Muhamad Wasid mengatakan, untuk maskapai niaga tidak berjadwal dari Bandara Halim Perdanakusuma dipindah ke Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Pondok Cabe dan Bandara Budiarto. 

"Fasilitas keselamatan dan keamanan penerbangan di bandara penerima (recipient) dipastikan dapat menangani perpindahan armada, memperhitungkan fasilitas-fasilitas seperti runway, apron dan taxiway," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral