Menko Airlangga Hartarto, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, hingga Presiden Direktur PTFI Tony Wenas dalam peresmian operasional Smelter Freeport di KEK JIIPE, Manyar, Gresik, Jawa Timur, Kamis (27/6/2024)..
Sumber :
  • Biro Komunikasi Kemenko Perekonomian

Terbesar di Dunia! Smelter Freeport di KEK JIIPE Manyar Gresik Resmi Beroperasi, NIlai Investasinya Setara Bangun IKN?

Kamis, 27 Juni 2024 - 17:26 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meresmikan Operasi Smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Manyar, Gresik, Kamis (27/06/2024).

Peresmian operasionalisasi Smelter Freeport Gresik itu akan menjadi tonggak hilirisasi bahan baku tembaga nasional.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga memberikan apresiasi kepada PTFI yang akhirnya menyelesaikan proyek penopang industri pemurnian dengan tepat waktu.

”Kita beri applause kepada manajemen yang extraordinary. Dan yang dibangun pun pabrik yang extraordinary, luar biasa. Jadi ini sangat tepat waktu, karena saat sekarang renewable energy menjadi tren. Dan tren renewable energy butuh critical mineral. Dan salah satunya adalah copper,” kata Menko Airlangga Hartarto dalam keterangan resminya.

Smelter PTFI menjadi fasilitas pemurnian tembaga dengan desain jalur tunggal terbesar di dunia. Pabrik peleburan ini memiliki kapasitas pemurnian mencapai 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun.

Fasilitas smelter tersebut menempati lahan seluas 100 hektar di KEK Java Integrated Industrial Ports Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur yang nilai investasi kumulatifnya mencapai sekitar 3,67 miliar dolar AS atau sekitar Rp55 triliun.

Investasi tersebut tidak hanya akan memberikan manfaat bagi perusahaan konstruksi dalam negeri, tetapi juga akan menciptakan multiplier effects kepada masyarakat di Kabupaten Gresik dan sekitarnya di Jawa Timur.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:40
01:36
02:54
03:23
03:27
02:20
Viral