Menko Airlangga Hartarto resmikan operasionalisasi Smelter PT Freeport di Manyar, Gresik, Jawa Timur, Kamis (27/6/2024)..
Sumber :
  • Biro Komunikasi Kemenko Perekonomian

Resmikan Smelter Freeport Gresik, Menko Airlangga Hartarto: Tidak Ada yang Mampu Bangun Seperti Ini

Kamis, 27 Juni 2024 - 16:34 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pemerintah akhirnya meresmikan operasionalisasi pabrik pemurnian tembaga atau Smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) yang terletak di kawasan Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), Manyar, Gresik, Jawa Timur, Kamis (27/6/2024).

Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto dalam “Peresmian Operasi Smelter Gresik” menyampaikan rasa syukurnya atas terbangunnya smelter raksasa yang akan menjadi penopang hilirisasi tersebut.

Smelter Freeport yang terletak tak jauh dari Selat Madura tersebut diketahui memiliki kapasitas input 1,7 juta ton konsentrat tembaga.

“Puji syukur kita bisa hadir menyaksikan pabrik yang luar biasa, dapat terbangun dalam waktu 30 bulan sejak dilakukan groundbreaking oleh Presiden Joko Widodo,” kata Menko Airlangga Hartarto.

Pembangunan smelter tersebut merupakan bagian dari perjanjian Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) PTFI. Saking besarnya, Menko Airlangga bahkan mengatakan bahwa dalam beberapa waktu ke depan tidak ada yang bisa membangun fasilitas serupa.

“Hasilnya hari ini, ini paling hebat. Karena kita lihat 3–4 tahun ke depan, tidak akan ada yang mampu membangun smelter seperti ini, di lahan 100 hektare, di mana pun,” kata Airlangga.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:40
01:36
02:54
03:23
03:27
02:20
Viral