Presiden Jokowi dan Menko Airlangga Hartarto dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi tahun 2024, di Istana Negara Jakarta, Jumar (14/6/2024)..
Sumber :
  • Biro Komunikasi Kemenko Perekonomian

Langkah Menko Airlangga Jalankan Strategi Kebijakan 4K di Sektor Pangan untuk Kendalikan Inflasi dari Pusat

Jumat, 14 Juni 2024 - 17:13 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Presiden Joko Widodo menginstruksikan pengendalian inflasi melalui pengamanan produksi dan peningkatan efisiensi rantai pasok pangan dengan didukung oleh Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

Terkait hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto akan melakukan beberapa hal untuk menjalankan strategi kebijakan 4K (Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi dan Komunikasi Efektif).

“Sesuai dengan strategi kebijakan dari keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif. Itu terutama bauran kebijakan fiskal, moneter dan sektor riil, sehingga inflasi tetap terjaga,” tutur Airlangga dalam keterangan rersmi.

Sebagai Ketua Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP), Menko Airlangga pertama akan melakukan stabilisasi harga untuk mengatasi kenaikan harga dalam jangka pendek melalui penyaluran SPHP, bantuan pangan, dan gerakan pangan murah di seluruh daerah, telah berhasil menahan kenaikan harga pangan lebih tinggi.

Kedua, peningkatan produksi domestik diantaranya diupayakan melalui program pompanisasi, penambahan alokasi pupuk subsidi, maupun akses pembiayaan untuk sektor pertanian.

Kemudian yang ketiga, memastikan kelancaran distribusi pangan di seluruh wilayah Indonesia, antara lain melalui program fasilitasi distribusi pangan pada 10 komoditas pangan strategis oleh Badan Pangan Nasional dan mengoptimalkan pemanfaatan tol laut khususnya untuk daerah-daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral