Kepala Dinas ESDM Penanaman Modal dan PTSP Papua Soleiyen M Tabuni mengatakan bahwa banyak potensi tambang yang masih dikelola masyarakat adat..
Sumber :
  • Antara

Banyak Potensi Tambang di Papua yang Dikelola Masyarakat Adat, Pemprov: Belum Ada Izin, Butuh Pengakuan dan Perlindungan Pemerintah

Rabu, 12 Juni 2024 - 23:35 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) menyebutkan bahwa masih terdapat banyak potensi tambang yang dikelola oleh masyarakat adat.

Oleh sebab itu, Kepala Dinas ESDM Penanaman Modal dan PTSP Papua Soleiyen M Tabuni, mengatakan bahwa masyarakat butuh pengakuan dan perlindungan dari pemerintah.

Soleiyen menyampaikan bahwa hampir semua daerah di Provinsi Papua memiliki potensi tambang yang masih dinaungi oleh masyarakat adat.

“Untuk itu perlu dilakukan perlindungan, agar mendapatkan pengakuan yang resmi dari Pemerintah,” katanya dilansir dari Antara, Rabu (12/6/2024).

Sebagai contoh, di daerah Puay Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura terdapat tambang emas yang dikelola oleh masyarakat setempat. Selain itu, di daerah Sarmi dan Keerom juga demikian.

“Namun rata-rata masyarakat setempat yang dulunya menggunakan alat manual, kini telah beralih menggunakan alat berat,” sambungnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral