Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan, Industri, dan Energi Korea Selatan Ahn Duk Geun..
Sumber :
  • Antara

RI Minta Bantuan Korsel untuk Tembus Pasar Kendaraan Listrik Amerika Serikat, Airlangga Sebut-Sebut LG dan Hyundai

Kamis, 23 Mei 2024 - 19:59 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pemerintah Indonesia tangah mengupayakan agar kendaraan listrik (electric vehicle/EV) hasil produksi dalam negeri bisa menembus pasar Amerika Serikat, khususnya produk-produk hasil kolaborasi bersama Korea Selatan.

Oleh karena itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta Pemerintah Korsel untuk membantu bernegosiasi dengan AS agar bisa membuka pasar untuk kendaraan listrik yang diproduksi di Indonesia.

“Saya berharap bahwa ekosistem EV bisa lebih dalam dan tentunya nanti dengan Korea mohon bantuan untuk berbicara dengan Amerika agar Undang-Undang IRA (Inflation Reduction Act)-nya bisa membuka pasar bagi produk hasil kolaborasi LG dan Hyundai ke Amerika,” kata Airlangga Hartarto di Jakarta, Kamis (23/5/2024).

Diketahui, Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution telah berinvestasi di Indonesia dan tengah membangun pabrik baterai kendaraan listrik di Karawang, Jawa Barat.

Selain investasi Hyundai dan LG, Airlangga juga menuturkan bahwa terdapat beberapa kerja sama lain antara Indonesia dan Korea Selatan yang sudah berjalan.

Sebut saja seperti perluasan pabrik petrokimia Lotte dan pembangunan klaster baja Krakatau Steel-Posco.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral