Layanan Konsultan HRD Profesional Percayakan Pada Solusi Training and Consulting.
Sumber :
  • Istimewa

Layanan Konsultan HRD Profesional Percayakan Pada Solusi Training and Consulting

Sabtu, 4 Maret 2023 - 18:08 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Banyak para pemilik bisnis memulai bisnis hanya fokus pada kegiatan sales dan marketing untuk mempertahankan bisnis mereka. Maka masalah kepegawaian (SDM) menurut mereka bisa ‘dipikirkan belakangan’. Padahal fungsi HRD tidak sesederhana apa yang mereka kira/bayangkan.

Berikut sedikit gambaran tentang 5 tantangan mengelola SDM yang akan Anda hadapi. Dengan demikian Anda siap dengan segala resiko dan solusi yang dapat diambil untuk mengatasinya. Mari kita simak.

1. Kesulitan dalam proses rekrutmen

Karyawan yang sering keluar-masuk (turn over) menjadi kendala tersendiri bagi pebisnis. Mereka kesulitan menentukan standar proses rekrutmen dan rekrutmen hanya berdasarkan ‘feeling’ bukan berdasarkan potensi dan kompetensi sehingga banyak karyawan yang keluar-masuk (turn over) dan mengganggu kelancaran bisnis karena perusahaan harus sering mengajarkan ulang cara kerja dan proses kerja yang ada di perusahaan.

2. Menetapkan peraturan

Dari yang awalnya tidak ada menjadi ada peraturan, kadang menjadi beban tersendiri ketika disosialisasikan. Apalagi jika aturan tersebut baru dibentuk di belakang hari. Rasanya akan sangat kaku dan tidak fleksibel. Pemilik usaha terkadang tidak bisa menentukan poin-poin apa saja yang harus diatur, selain itu ada pula ketakutan kalau karyawan akan mengendor dengan adanya peraturan perusahaan, padahal peraturan perusahaan sangat penting agar “áturan main” menjadi jelas bagi perusahaan dan karyawan serta menjadi panduan dalam mengambil kebijakan.

3. Mengembangkan kompetensi karyawan

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral