Prosesi peletakan Patung Dewa di Klenteng Gondomanan Yogyakarta, Kamis (19/1/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Jelang Perayaan Imlek 2023, Klenteng Gondomanan Yogyakarta Menggelar Berbagai Persiapan

Jumat, 20 Januari 2023 - 02:24 WIB

Yogyakarta, DIY - Perayaan Imlek tahun 2023 juga akan digelar masyarakat keturunan Tionghoa di kota Yogyakarta. Sejumlah persiapan telah dilakukan salah satunya di Kelenteng Gondomanan Kota Yogyakarta untuk menyambut perayaan Imlek 2023.

Kelenteng bernama Fuk Ling Mau menjadi salah satu pusat perayaan Imlek di Yogyakarta terus melakukan berbagai persiapan diantaranya menggelar sejumlah prosesi. Mulai dari pembersihan klenteng, menyiapkan altar, kelengkapan altar seperti lilin besar hingga penyucian Patung Dewa Dewi.

Menurut Angling Wijaya, Ketua Pengurus Kelenteng Gondomanan, salah satu prosesi yang dilakukan yakni membawa patung dewa dewi di setiap altar klenteng untuk nantinya digunakan saat persembahan dan ritual doa.

Saat ini terdapat 19 altar persembahyangan yang ada di dalam Klenteng Gondomanan Yogyakarta. Sebelumnya juga dilakukan prosesi penyucian patung dewa dewi di Kelenteng Gondomanan. 

"Prosesi ini hanya dilakukan ketika akan meletakkan patung dew dewi di altar. Puncak Imlek akan kita lakukan pada tanggal 21 Januari malam, berupa dia bersama dan pentas barongan," ungkap Angling.

Kelenteng Gondomanan Yogyakarta merupakan salah saru kelenteng tertua yang selama ini masih banyak diainggahi umat maupun wisatawan dari berbagai daerah.

"Banyak dari luar kota Yogyakarta juga, untuk menggelar dia bersama saat lerayaan Imlek," jelasnya.

Angling menambahkan Imlek tahun ini digelar secara offline karena Pandemi Covid 19 telah berakhir. Perayaan akan dibuka untuk umum yang ingin menyaksikan sejumlah rangkaian atraksi budaya di Kelenteng Gondomanan.

"Ya pada tahun Kelinci diharapkan bangsa Indonesia bisa rukun. Memasuki tahun politik kita berharap tetap aman dan kondusif dan saling menghargai perbedaan," pungkas Angling. (Nur/Buz) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral