Gunung Api Purba Nglanggeran.
Sumber :
  • via Infopublik

20 Situs di Daerah Istimewa Yogyakarta yang Ditetapkan Menjadi Warisan Geologi

Minggu, 19 Juni 2022 - 15:31 WIB

DI Yogyakarta - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi satu-satunya wilayah di Indonesia yang telah mendapatkan penetapan Warisan Geologi dan Kawasan Cagar Alam Geologi.

DI Yogyakarta oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), menetapkan 20 situs di Yogyakarta menjadi warisan geologi. Hal tersebut berdasarkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 13.K/HK.1/MEM.G/2021 tentang Penetapan Warisan Geologi (Geoheritage) Daerah Istimewa Yogyakarta disarankan.

Dilansir dari laman GNFI, penetapan warisan geologi tersebut sudah mendapat persetujuan dari pihak Gunungsewu UNESCO Global Geopark. Nantinya, situs-situs tersrbut bisa dimanfaatkan sebagai objek penelitian, pendidikan kebumian, kawasan laboratorium alam, hingga pengembangan geowisata. 

Penetapan 20 warisan geologi di DIY salah satu faktornya adalah karena memiliki potensi negatif bencana geologi, seperti aktivitas erupsi Gunung Merapi, gempa bumi, hingga gerakan tanah.

Lokasi 20 situs warisan geologi tersebar di empat kabupaten DIY, di Kabupaten Kulon Progo dan Gunungkidul masing masing terdapat 5 situs, 3 berada di Kabupaten Bantul, dan 7 situs berada di Kabupaten Sleman.

Berikut daftar lengkap 20 situs yang ditetapkan menjadi warisan geologi Daerah Istimewa Yogyakarta:

Kabupaten Kulonprogo

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral