Kampung Wijilan Yogyakarta dikebal sebagai sentra kuliner gudeg, diaerbu wisatawan selama libur lebaran, Senin (9/5/2022).
Sumber :
  • tim tvOne - Nuryanto

Gudeg Wijilan, Kuliner Khas Yang Tak Lekang Oleh Jaman 

Senin, 9 Mei 2022 - 12:16 WIB

Yogyakarta, DIY - Daya tarik kuliner khas Yogyakarta seolah tak lekang oleh jaman. Salah satunya Gudeg Wijilan, yang ada di Kampung Wijilan Yogyakarta. Selama libur lebaran tahun ini, Gudeg Wijilan diserbu wisatawan bahkan omset penjualan gudeg naik 5 kali lipat. 

Salah satu penjual, Tari Widodo (30) menyebutkan omset penjualan Gudeg sejak awal libur lebaran menikngkat hingga 5 kali lipat. Tak hanya itu, rata rata dalam sehari Tari harus menyediakan 2 kwintal nangka muda yang menjadi bahan menu gudeg.

".. ramai banget liburan ini, kita naik hingga 5 kali lipat. Dalam sehari bisa ratusan pengunjung yang datang," kata Tari, Senin (9/5/2022).

Masakan tradisional dari generasi ke generasi khas Yogyakarta ini, memiliki rasa yang gurih manis, berbahan nangka muda, sambal krecek, dilengkapi aneka lauk pauk seperti dada dan paha ayam, ceker, telor, tahu dan tempe bacem. 

Wijilan merupakan nama sebuah kampung yang ditasbihkan sebagai pusat kuliner khas Gudeg sehingga kerap disebut Gudeg Wijilan. 

Memasuki kampung Wijilan yang berada di sisi timur Alun - Alun Utara Yogyakarta, wisatawan bisa langsung menemukan banyak lilihan warung muliner gudeg yang berjejer disepanjang jalan. Disinilah cikal bakal Gudeg itu bermula hingga dikenal sampai sekarang.

Sejumlah pengunjung menyebutkan masakan Gudeg seolah menjadi menu wajib setiap datang ke Yogyakarta. "Terlebih kesempatan berlibur lebaran atau mudik bisa dilakukan tahun ini. Saya memanfaatkannya untuk mengunjungi destinasi yang paling saya rindukan selama lebih dua tahun tidak ke Yogya akibat pandemi, sekaligus berdua sama suami mengenang masa muda" ujar Wulandari (35) wisatawan asal Surabaya sambil tersenyum, saat ditemui sehabis membeli Gudeg Wijilan, Senin (9/5/2022) 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral