Festival Bregada Prajurit Tradisional di Lapangan Pemda Sleman, Rabu (15/5/2024)..
Sumber :
  • ANTARA

Ratusan Prajurit Tradisional Ramaikan Festival Bregada Prajurit di Sleman

Rabu, 15 Mei 2024 - 12:57 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menggelar Festival Bregada Prajurit Tradisional di Lapangan Pemda Sleman, Rabu (15/5/2024).

Fetival yang diikuti oleh perwakilan dari 17 kapanewon (kecamatan) se-Kabupaten Sleman ini digelar untuk pelestarian dan pengembangan seni tradisi lokal.

"Selain menjadi upaya pelestarian dan pengembangan seni tradisi lokal, Festival Bregada ini juga menjadi sarana dalam memperkenalkan seni tradisi baris berbaris tradisional serta memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman," kata Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Sleman Edy Winarya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyambut baik penyelenggaraan Festival Bregada Prajurit Tradisional ini dan berharap kegiatan festival tersebut dapat menjaga eksistensi bregada tradisional di Kabupaten Sleman.

"Eksistensi bregada pada saat ini adalah representasi dari penghargaan dan penghormatan terhadap semangat juang, nasionalisme, dan patriotisme, dari para prajurit keraton," kata Kustini.

Bupati Sleman juga mendorong seluruh peserta festival ini untuk senantiasa aktif dan memanfaatkan setiap kesempatan untuk mengaktualisasikan budaya Jawa.

"Dengan harapan, warisan budaya, dan adat istiadat, yang ada di masyarakat dapat lestari dan dikenal dunia luas," katanya.

Dalam Festival Bregada Prajurit Tradisional ini, masing-masing kontingen melakukan arak-arakan dan displai di depan panggung kehormatan dengan durasi yang telah ditentukan panitia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral