Deputi Bidang Kerjasama Penanaman Modal, Kementerian Investasi/BPKM, Riyatno menyerahkan simbolis kunci bus listrik kepada Rektor UGM, Ova Emilia..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

Gandeng PT VKTR, Kementerian Investasi Hibahkan 3 Unit Bus Listrik kepada UGM

Rabu, 8 Mei 2024 - 12:04 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Kementerian Investasi menggandeng PT VKTR menyerahkan tiga unit bus listrik kepada Universitas Gadjah Mada (UGM), Rabu (8/5/2024).

Deputi Bidang Kerjasama Penanaman Modal, Kementerian Investasi/BPKM, Riyatno menyampaikan, penyerahan tiga unit bus listrik sebagai wujud pemerintah melalui Kementerian Investasi untuk mendukung zero emisi gas karbon.

"Dan ini tindak lanjut dari bapak Kementerian Investasi pada Agustus lalu ketika menyampaikan secara simbolis," kata Riyatno. 

Kementerian Investasi telah menghibahkan dua unit bus listrik kepada UGM. Kemudian dengan penambahan tiga unit bus lagi maka ada lima unit bus listrik yang dimiliki UGM untuk transportasi di kampus. 

"Ini sangat penting bagi kampus untuk mendukung sejak dini penerapan zero emisi," ucapnya.

Direktur Utama PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk, Gilarsi W.Setijono menyebut, ada beberapa keunggulan dari armada bus listrik yang diproduksinya. Mulai dari kapasitas muatan, baterai dan keamanan.

Dijelaskan, tiga unit bus ini didesain lebih lebar. Biasanya desain bus yang sesuai spesifikasi dari Kementerian Perhubungan memiliki lebar 2,1 meter namun pada armada bus ini didesain selebar 2,4 meter.

"Ini menjadi yang pertama di Indonesia dengan lebar bus 2,4 dan panjang 8 meter. UGM menunjukkan safety first, comfort, muatan lebih banyak. Kapasitas kursi 30," terang Gilarsi. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral