Peserta Festival Bregada melintas di depan ribuan warga di Imogiri Bantul, Yogyakarta, Minggu ( 12/11/2023)..
Sumber :
  • tim tvOne - Santosa Suparman

Ribuan Warga Saksikan Festival Bregada di Imogiri Bantul

Senin, 13 November 2023 - 01:41 WIB

Bantul, tvOnenews.com - Sebanyak 28 bregada dari berbagai kelompok seni keprajuritan di Kabupaten Bantul, mengikuti Festival Bregada GPC Imogiri Linuwih 2023 di Imogiri, Bantul Yogyakarta, Minggu (12/11/2023). Festival Bregada ini  memperebutkan piala dan hadiah uang tunai senilai total 25 juta Rupiah dari anggota DPR RI, Fraksi Golkar, Gandung Pardiman. 

Festival Bregada GPC Imogiri  Luniwih 2023 dimulai dari Lapangan Demi, Imogiri, Bantul, Yogyakarta dan dilepas langsung oleh anggota DPR RI, Gandung Pardiman.

Dalam sambutannya, Gandung mengatakan, dirinya sengaja memprakarsai digelarnya Festival Bregada di Imogiri ini karena Imogiri merupakan pusat kebudayaan di Bantul. Selain itu, festival bregada digelar untuk melestarikan seni budaya keprajuritan yang saat ini terus berkembang di setiap wilayah yang ada di Yogyakarta. 

"Dengan Festival Bregada ini, tentu kita berharap semakin menguatkan DIY sebagai daerah istimewa. Selain itu, kegiatan ini juga bisa menumbuhkembangkan perekonomian dan menguatkan Imogiri sebagai tujuan wisata budaya," ujar Gandung Padiman.

Gandung mengatakan,  di Kapanewon Imogiri terdapat 8 kalurahan. Dari jumlah tersebut, sudah ada yang masuk ketegori desa budaya dan rintisan desa budaya.  Dengan adanya program ini, diharapkan semakin menguatkan Imogiri sebagai gerbang budaya di DIY.

"Dengan program ini, diharapkan ke depan festival  bisa terlaksana dengan baik dan semakin bertata. Bahkan, dari pemerintah Bantul akan mendorong  festival ini jadi agenda rutin," ujarnya.

Ketua Festival Bregada, Widodo  Supranoto mengatakan, peserta festival terdiri atas 28 bregada dari Imogiri dan sekitarnya.  Program ini sekaligus semakin menguatkan Kapanewon  Imogiri sebagai pintu gerbang budaya.  
 
"Festival Bregada sangat penting dan sudah semestinya dilestarikan. Festival ini merupakan salah satu komitmen dalam  menjaga eksistensi budaya adiluhung di tengah masyarakat," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral