Kondisi jalan yang tertimbun longsor di Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah, Jumat (11/11/2022).
Sumber :
  • Tim Tvone/ Syaren

Banjir dan Longsor Terjang Barus Kabupaten Tapanuli Tengah

Jumat, 11 November 2022 - 23:17 WIB

Tapanuli Tengah, Sumatera UtaraBanjir dan longsor terjang Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Jumat (11/11/2022) sore. Ratusan rumah warga terendam banjir, dan sejumlah titik ruas jalan dilaporkan tertimbun longsor, membuat arus lalu lintas lumpuh total.

Informasi diperoleh, bencana alam tersebut terjadi akibat diguyur hujan deras yang terjadi sejak Jumat siang tadi. Salah satu ruas jalan yang terendam banjir adalah di Desa Sigambo-gambo, Kecamatan Barus, mengakibatkan arus lalu lintas dari Simpang Tiga Sigambo menuju Kota Barus lumpuh total, karena badan jalan tergenang banjir mencapai 80 Cm.

Rahmat Syarif Pohan, salah satu warga mengatakan, genangan air yang meluap ke desa itu berasal dari luapan Aek Sarasa. Air menggenangi badan jalan mulai dari Simpang Tiga Sigambo-gambo hingga jembatan arah Kota Barus. Puluhan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat terjebak banjir.

"Air mulai menggenangi badan jalan dan rumah warga di Desa Sigambo-gambo mulai pukul 15.15 WIB di sepanjang jalan desa,” katanya kepada awak media.

Selain di Desa Sigambo-gambo, jalan lintas Sumatera - Harangan Ganjang di Desa Siharbangan, Kecamatan Barus Utara tertimbun longsor. Material longsor menimbun badan jalan mengakibatkan arus lalu lintas dari Kecamatan Barus ke Kecamatan Barus Utara lumpuh total.

Belum diperoleh kondisi terkini di lokasi, serta apakah ada korban jiwa akibat bencana alam tersebut. Kapolres Tapanuli Tengah, AKBP Jimmy Christian Samma yang dihubungi tvonenews.com Jumat malam mengatakan, dirinya masih dalam perjalanan menuju lokasi bencana. (ssg/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral