Salah seorang warga berhasil mendapatkan ikan berukuran besar..
Sumber :
  • Tarmizi

Keseruan Tradisi Bekarang di Desa Pasar Terusan Jambi, Ribuan Warga Buru Ikan di Sawah Angker

Senin, 5 Agustus 2024 - 17:14 WIB

Batanghari, tvOnenews.com - Ribuan warga di Desa Pasar Terusan, Kecamatan Muara Bulan, Batanghari, Jambi menggelar tradisi bekarang atau menangkap ikan di sebuah sawah Lubuk Separantu yang dikenal angker, pada Sabtu (3/8/2024) pagi.

Tradisi turun temurun menangkap ikan secara massal ini dilakukan warga dalam rangka bentuk berbagi dan menjaga kearifan lokal di daerah. Bahkan, tidak sedikit warga dari berbagai desa datang ikut memeriahkan tradisi bekarang ini.

Berbagai jenis ikan buruan berukuran besar di sawah Lubuk Separantu ini, berhasil ditangkap warga menggunakan peralatan tradisonal yang mereka bawa dari rumah.

Menurut warga, ia mengaku senang mengikuti tradisi bekawan ini. Selain bisa mendapatkan ikan kegiatan ini juga ajang silaturrahmi antar sesama warga.

“Sangat senang sekali ya ikut bekarang di desa pasar terusan ini, ikannya banyak yang besar-besar," kata Dini.

Meski sawah ini terkenal angker, namun dirinya tak khawatir karena sebelum bekarang tadi sempat melaksanakan doa dan salawat nabi bersama dengan harapan hasil tangkapan ikannya berkah.

"Kalo sendiri mungkin takut ya, tapi karena ramai-ramai dan sebelumnya juga doaa tadi ya gak terlalu takut sih," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral