Tabut Terbuanv.
Sumber :
  • Ferry

‘Tabut Terbuang’ Puncak Perayaan Festival Tabut di Bengkulu

Selasa, 16 Juli 2024 - 16:23 WIB

Bengkulu, tvOnenews.com - Ribuan masyarakat, memadati jalan utama guna menyaksikan arak-arakan tabut terbuang, sebagai puncak perayaan festival tabut di Bengkulu.

Pelaksanaan puncak perayaan festival tabut yang biasa disebut tabut terbuang, dilepas langsung oleh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, di halaman Gedung Daerah Semarak Bengkulu, Selasa (16/7/2024) siang.

Perayaan tabut ini, secara sakral dilaksanakan oleh keluarga India keturunan di Bengkulu atau biasa disebut Kerukunan Keluarga Tabut (KKT).

Iring-iringan tabut terbuang akan menempuh perjalanan sejauh 5 kilometer menuju lokasi pembuangan yakni makam Syeh Burhanuddin atau Imam Senggolo, salah seorang ulama yang berjasa mengembangkan agama Islam di Bengkulu, di kawasan Karabela Kota Bengkulu.

Disebut tabut terbuang, karena bangunan kayu mirip pagoda yang dihiasi aneka warna-warni ini akan dibuang di pemakaman Imam Senggolo.

Dengan kata lain, tabut melambangkan prosesi pemakaman cucu Nabi Muhammad SAW, Hasan dan Husien.

Sementara, tabut sendiri berarti kotak berhias, yang melambangkan keranda jenazah Hasan dan Husien, anak dari Siti Fatimah putri Nabi Muhammad SAW, yang tewas dalam perperangan melawan kaum Yazid bin Umayya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral