Mandi Sambut Ramadan.
Sumber :
  • Pujiansyah

Bulimau, Tradisi Masyarakat Lampung Dalam Mensucikan Diri Menyambut Ramadhan

Senin, 11 Maret 2024 - 20:03 WIB

Pesawaran, tvOnenews.com - Dalam menyambut bulan Ramadhan, masyarakat di Kabupaten Pesawaran, Lampung menggelar tradisi Bulimau yakni mandi di Kali Bronjong, Desa Cipadang, Kabupaten Pesawaran.

Tradisi Bulimau adalah mandi menggunakan jeruk sebagai upaya mensucikan diri menyambut bulan suci Ramadhan. Bulimau berasal dari kata benda Limau yang berarti jeruk, diberi imbuhan Bu- sehingga menjadi kata kerja yang berarti melakukan sesuatu menggunakan jeruk yakni mandi keramas menggunakan jeruk.

Kegiatan Bulimau ini dipercaya  dapat menghilangkan penyakit, perbuatan dan hal buruk yang melekat pada diri sehingga pada saat mereka melaksanakan ibadah puasa sudah dalam kondisi bersih dan suci.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran, Anggun Saputro mengatakan kegiatan Balimau sendiri merupakan acara tahunan yang rutin  dilaksanakan menjelang Ramadhan.

“Tradisi ini sudah digelar sejak tahun 2022 secara bersamaan dan dinobatkan menjadi ajang festival tahunan. Kalau kita dari pemerintah daerah sudah melakukan kegiatan ini selama 3 tahun berturut-turut," kata Anggun Saputro, Senin (11/3/2024).

Anggun Saputro menjelaskan bahwa Bulimau merupakan warisan turun temurun untuk membersihkan hati, pikiran, dan diri menyambut bulan Ramadhan. Acara ini melibatkan ritual membasuh diri di sungai dengan minyak wangi, kembang warna-warni, dan jeruk telor.

“Kegiatan ini sebagai sarana untuk melestarikan nilai-nilai kebudayaan Lampung, mencegah pengaruh budaya global, serta menjaga dan memegang teguh tradisi budaya sebagai ujung tombak pelestarian kebudayaan Lampung," pungkasnya. (puj/nof)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral