Aktivitas pengecekan logistik Pemilu 2024..
Sumber :
  • Tim tvOne/Pujiansyah

Bawaslu Lampung Temukan Ratusan Logistik Pemilu 2024 Rusak

Rabu, 3 Januari 2024 - 14:36 WIB

Bandar Lampung, tvOnenews.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Lampung menemukan ratusan logistik pemilu yang cacat atau rusak di 15 kabupaten dan kota. Kerusakan terjadi pada kotak suara dan bilik suara yang terbuat dari bahan duplek.

Ketua Bawaslu Lampung Iskardo P Panggar mengklaim kerusakan logistik tersebut akibat proses distribusi ke masing-masing daerah. Saat ini, lanjutnya, untuk kerusakan tersebut, telah dilaporkan ke KPU untuk proses penggantian. "Sudah dilaporkan agar segera digantikan," ucap Iskardo.

Adapun rincian logistik yang rusak di Lampung Utara dengan 140 bilik suara rusak, Way Kanan 58 paku coblos rusak. "Pesawaran, Tulangbawang Barat dan Lampung Timur dengan kerusakan kotak suara yang masing-masing berjumlah 1 kotak suara, 3 kotak suara dan 6 kotak suara," beber Iskardo.

Berkaitan dengan hal itu, lanjut dia, Bawaslu di 15 kabupaten kota di Lampung telah berkoordinasi dengan KPU masing-masing, agar logistik yang rusak segera diganti dengan yang baru. "Kami minta agar segera diganti yang rusak, dan kami pastikan juga timelinenya, biar tepat waktu," tuturnya.

Iskardo mengungkapkan, Bawaslu Provinsi Lampung akan terus mengawasi dan menekankan kepada Bawaslu jajaran kabupaten dan kota, untuk terus melaporkan temuan terjadi di daerah masing-masing berkaitan logistik. "Belum dilakukan pemusnahan, nanti akan digabung semua termasuk surat suara usai pengawasan logistik tahap II," tandasnya. (puj/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral