Pilot Pesawat yang mendarat darurat.
Sumber :
  • Tim tvOne/Happy Oktavia

Nasib Mujur 2 Awak Pesawat Latih Mendarat Darurat di Pantai Ngagelan Banyuwangi, Ditemukan Duduk di Pinggir Pantai

Senin, 5 September 2022 - 21:30 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Nasib mujur menghampiri dua awak pesawat latih yang mendarat darurat di Pantai Ngagelan, Alas Purwo, Banyuwangi, Senin (5/9/2022) siang. Keduanya berhasil selamat, meski pesawat yang dikemudikan mendarat di tempat tak wajar. Saat ditemukan aparat Kepolisian, keduanya sudah berada di luar pesawat. Posisinya duduk di pasir pantai.

Dua awak pesawat mujur itu masing-masing berinisial H dan R. Namun, belum diketahui peran keduanya. Diduga, satu diantaranya adalah taruna Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi, satu lagi adalah instruktur. Keduanya masih terlihat remaja.

Mereka pertama kali ditemukan PS. Kapolsek Tegaldlimo, Iptu Lita Kurniawan. Perwira ini awalnya mendapat kabar ada pesawat mendarat darurat di Alas Purwo. Setelah dilakukan pencarian, ternyata posisi pesawat di Pantai Ngagelan. Sekitar 3 kilometer dari pintu masuk Alas Purwo. 

“Ketika saya datang ke TKP, dua awak pesawat dalam kondisi sehat. Tidak ada luka ataupun bekas benturan,” kata Iptu Lita.

Pihaknya kemudian memberikan pertolongan. Tak berselang lama, keduanya dievakuasi oleh petugas dari Kementerian Perhubungan ke Blimbingsari. Tempat ini merupakan pusat latihan penerbang di Banyuwangi. 

“Dua awak pesawat sudah dievakuasi ke Blimbingsari. Semuanya menjadi wewenang mereka,” tegasnya.

Sebuah pesawat latih jenis Cessna 172 SP mendarat darurat  di Pantai Ngagelan, Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Senin (5/9/2022) siang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Pesawat nahas ini milik Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
05:44
Viral