Musim Kemarau Untungkan Petani Tembakau.
Sumber :
  • tim tvone - wawan sugiarto

Musim Kemarau Untungkan Petani Tembakau di Lumajang, Hasil Panen Melimpah dan Kualitas Istimewa

Selasa, 17 September 2024 - 12:27 WIB

Lumajang, tvOnenews.com - Panas terik sinar matahari menjadi keuntungan sendiri bagi para petani tembakau di Kabupaten Lumajang. Kondisi musim kemarau ini mempengaruhi kualitas daun tembakau. Di samping itu, cuaca panas juga membantu proses pengeringan daun tembakau berjalan lebih cepat dan efisien, serta menghasilkan kualitas tembakau lebih bagus dan istimewa. 

Keuntungan tersebut dirasakan para petani tembakau yang tersebar di sejumlah desa dan kecamatan di Kabupaten Lumajang, baik jenis tembakau Kasturi, lokal maupun White Butler. 

Kali ini, para petani nampak bahagia melihat tanaman tembakau jenis White Burley tumbuh subur hingga waktu musim panen tiba. Salah satunya seperti yang dirasakan Sulasmono (60) petani tembakau warga Desa Kunir Kidul, Kecamatan Kunir, Lumajang.

Pasalnya, dengan luas lahan 1.5 hektar, Sulasmono bisa memanen hingga 5,1 ton tembakau White Burley. Harga tembakau tahun ini mencapai Rp60.000 per kilogram, membuat Sulasmono bisa meraup pendapatan hingga Rp200 juta.

“Ini faktor musim kemarau yang membuat kualitas tembakau bagus. Dari luasan lahan saya sekitar 1,5 hektar ini bisa dapat 5,1 ton sehingga pendapatannya ya sekitar Rp200 juta,” ujar Sulasmono saat ditemui di lahannya, Selasa (17/9).  

Hal yang sama juga dirasakan Sutrisno (56), petani tembakau lain yang juga mengaku sangat senang dengan hasil panen pada musim tanam tahun ini. 

“Saya menanam tembakau jenis White Burley, Alhamdulilah tahun ini bagus bisa mencapai 1,5 ton di lahan setengah hektar. Dengan harga Rp60.000 ya bisa dapat Rp 90 jutaan,” ujar Sutrisno.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral