Banyuwangi Pusat Perekonomian Jawa Timur.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Kemenkeu Dorong Banyuwangi Jadi Pusat Perekonomian Jawa Timur, Ini Alasannya

Senin, 29 Juli 2024 - 14:01 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Banyuwangi didorong menjadi pusat perekonomian di Jawa Timur. Rencana ini sudah dibahas lintas sektor. Penegasan itu disampaikan oleh Perwakilan Kementerian Keuangan mulai dari Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, dan Badan Pusat Statistik, Lembaga Penjamin Simpanan, dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), di wilayah Jatim, dalam forum "Public Sector Leaders Forum On East Java Economic Prospect 2024. 

Forum itu digelar untuk membedah arah, potensi, dan peran ekonomi Banyuwangi dalam perekonomian Jatim.

Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Timur Sigit Danang Joyo mengatakan, Banyuwangi dipilih sebagai sasaran pusat perekonomian Jatim karena memiliki sumber daya pembangunan yang lengkap.

Banyuwangi memiliki beberapa infrastruktur dan potensi seperti pelabuhan, bandara, tambang emas, hingga pabrik kereta api terbesar se-Asia Tenggara.

Selain itu, kabupaten yang dijuluki “The Sunrise of Java” ini juga dianggap mampu memanfaatkan sumber daya alam dan mengemasnya menjadi destinasi wisata kelas nasional hingga internasional.

“Banyuwangi mempunyai sumber daya pembangunan yang luar biasa,” ujar Sigit.

Sigit yakin Banyuwangi bakal makin naik berkat pembangunan jalan tol Trans Jawa yang ditarget menyambung ke Banyuwangi mulai 2025. Adanya fasilitas ini akan menjadi infrastruktur bagi moda transportasi, sehingga kabupaten ini bisa menjadi salah satu poros.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral