Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung, Rahadi Bintara.
Sumber :
  • aris sutikno

Gawat, 37 SMP Negeri yang Tersebar di Tulungagung Kekurangan Murid

Kamis, 20 Juni 2024 - 14:38 WIB

Tulungagung, tvOnenews.com - Puluhan SMP Negeri yang tersebar di Tulungagung masih kekurangan siswa bahkan belum terpenuhi pagu siswa, dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini. Jumlah pendaftar pada PPDB lalu tidak terlalu banyak sehingga masih menyisakan beberapa kursi untuk siswa baru.

Sementara itu, pihak Dinas Pendidikan setempat akan membuka tahap kedua PPDB untuk memenuhi pagu di sekolah tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung, Rahadi Bintara, saat dikonfirmasi sejumlah media menjelaskan, total jumlah SMPN sebanyak 48 sekolah. Berdasarkan pantauan dari situs ppdb.tulungagung.go.id.

Terdapat 37 sekolah yang jumlah pagunya belum tercukupi. Bahkan ada empat sekolah yang jumlah siswa barunya dibawah 10 orang. Mayoritas sekolah tersebut berada di wilayah pinggiran seperti Kecamatan Sendang, Bandung dan Rejotangan. 

"Saat ini tahapannya pendaftaran ulang setelah itu tanggal 21 Juni besok kita mulai pendaftaran tahap kedua bagi sekolah yang jumlah pagunya belum terpenuhi," terangnya. 

Dari hasil evaluasi dan rapat, pihak dinas pendidikan menyimpulkan, terdapat sejumlah faktor yang membuat pagu sekolah ini belum terpenuhi. Diantaranya banyaknya jumlah SMP swasta maupun negeri di wilayah tersebut. 

Selain itu, angka kelulusan siswa SD di wilayah juga berpengaruh ke pendaftaran SMP. Pihak dinas sendiri masih akan kembali melakukan evaluasi pascapelaksanaan PPDB ini. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral