Unik Tradisi Tahunan, Manten Kopi Meriahkan Selamatan Petik Dan Giling.
Sumber :
  • tim tvone - edy cahyono

Unik Tradisi Tahunan, Manten Kopi Meriahkan Selamatan Petik dan Giling di Kebun Bangelan Wonosari Malang

Kamis, 6 Juni 2024 - 10:23 WIB

Malang, tvonenews.com - Tradisi unik tahunan Selamatan Petik dan Giling Kopi yang umumnya dilakukan saat panen raya kopi, juga digelar di Desa Bangelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang.

Tradisi ini digelar menjelang musim panen dan giling Kopi Robusta, yang merupakan komoditi utama di Kebun Bangelan yang dikelola PTPN XII, dengan luasan kebun kopi ± 600 hektar.

Ritual diawali dengan selamatan di sebuah sumber mata air, yang dianggap bersejarah dan sakral bagi masyarakat sekitar Desa Bangelan, yakni sumber Umbulan.

Ritual dilanjutkan dengan Petik Perdana Kopi di kawasan Kebun Bangelan, oleh pasangan pengantin Kopi dan para pengiringnya.

Setelah itu dilanjutkan dengan acara penyerahan Kopi Robusta yang dibawa oleh Pengantin Kopi beserta pengiringnya, ke Pabrik Bangelan dengan berjalan kaki.

Sesampainya di Pabrik Bangelan yang berdiri sejak tahun 1901 ini, Kopi Robusta yang dipetik dari kebun diserahkan kepada asisten, mandor, asisten kepala kepada manager kebun, setelah itu ke asisten teknik pengolahan hingga bagian penggilingan.

Kopi Robusta hasil petik perdana di Kebun Bangelan setelah diterima oleh bagian penggilingan, kemudian dibawa ke dalam pabrik, untuk diolah sebagai pertanda awal dimulainya penggilingan Kopi Robusta yang dikelola PTPN XII.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral