Juru sembelih halal di salah satu Rumah Potong Hewan (RPH) Banyuwangi..
Sumber :
  • istimewa

Ratusan Juru Sembelih Hewan Kurban di Banyuwangi Disiapkan Jelang Idul Adha

Selasa, 4 Juni 2024 - 12:55 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Jelang hari raya Idul Adha 1445 H/2024, Pemkab Banyuwangi melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) menyiapkan ratusan juru penyembelih atau jagal hewan kurban professional.

Sekitar 200 juru penyembelih halal telah siap disebar ke 25 kecamatan di Kabupaten Banyuwangi untuk membantu proses pemotongan hewan kurban milik warga nantinya.

“Juru sembelih halal sudah kita latih sejak tahun 2023. Totalnya ada 200 jagal yang kini telah bersertifikat,” kata Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dispertan Banyuwangi, drh Nanang Sugiharto, Selasa (4/6).

Ratusan jagal halal itu mencakup dari perwakilan pengurus masjid yang tersebar di Banyuwangi, termasuk organisasi masyarakat yang telah diberikan peningkatan kompetensi.

Pelatihan juru sembelih halal ini, kata Nanang, hasil kolaborasi dari Dispertan, Kementerian Agama (Kemenag), dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banyuwangi.

Pelatihan yang diberikan mencakup berbagai aspek teknis dan syar'i dari penyembelihan hewan. Para juru sembelih ini dibekali dengan pengetahuan tentang teknik penyembelihan yang sesuai dengan syariat Islam.

Selain itu mereka juga dilatih dalam penanganan hewan sebelum dan sesudah disembelih, serta pemahaman tentang pentingnya menjaga kebersihan selama proses penyembelihan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
00:55
02:20
08:04
01:27
01:32
Viral