Petani jagung di Nganjuk.
Sumber :
  • Kasianto

Petani Jagung di Nganjuk Resah, Tanamannya Terancam Gagal Panen Diserang Hama Tikus

Kamis, 21 September 2023 - 16:16 WIB

Nganjuk, tvOnenews.com - Petani jagung di Kabupaten Nganjuk tengah menghadapi tantangan serius dengan munculnya wabah hama tikus yang mengancam tanaman mereka. Para petani yang bergantung pada hasil panen jagung sebagai sumber penghidupan mereka saat ini merasa resah, tanaman mereka diserang hama tikus yang merusak.

Tikus yang bermunculan dalam jumlah besar telah menyebabkan kerusakan yang signifikan pada ladang-ladang jagung di Dusun Kates, Desa Pacewetan, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk.

Hama tikus merusak tanaman jagung milik petani. Tikus memakan biji jagung sehingga terlihat bonggolnya, bahkan daun hingga batangnya pun juga ikut rusak.

Salah seorang petani bernama Aminuddin (55) mengaku, sangat khawatir dengan serangan tikus ini.

“Kami telah bekerja keras untuk menanam jagung, tetapi sekarang tanaman kami dalam bahaya. Kami perlu bantuan dan solusi yang efektif untuk mengendalikan hama ini sebelum lebih banyak kerusakan terjadi,” keluhnya.

Puluhan hektare tanaman jagung milik petani di Dusun Kates, Desa Pacewetan, Kecamatan Pace, Nganjuk yang diserang hama tikus, diketahui petani sejak umur tiga minggu masa tanam pada pertengahan bulan Juni lalu.

Menurut Salah Aminuddin, dari luas lahan yang ditanam jagung, setengah hektare diantaranya diserang hama tikus. Kendati demikian, ia tidak bisa berbuat banyak sehingga hanya bisa pasrah menerima keadaan karena tanaman jagung yang diserang sudah sangat parah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral